KUNJUNGAN ILMIAH PT CALPIS INDONESIA


hayy.. pada tanggal 6 November 2018 kemarin kami baru saja melakukan kunjungan  Ilmiah ke PT CALPIS Indonesia dengan tema kunjungan yaitu KUIL (Kerja Keras Untuk Ilmu Logistik), dan kami banyak belajar di CALPIS Indonesia tentang cara produksinya, sejarah calpis dan lain lain.




berikut ini Kami akan membahas sedikit tentang PT. CALPIS Indonesia...
Pada tahun 1904, Kaiun Mishima, menemukan susu fermentasi yang orag oramg minum sehari hari di Mongolia. "Saya ingin membuat minuman yang dapat berkontribusi pada kehidupan orang-orang," kata Kaiun, yang mengabdikan dirinya untuk mempelajari lactobacilli. Hasilnya adalah CALPIS, minuman asam laktat pertama di Jepang.
Calpis meluncur pada tanggal 7 Juli 1919, pada hari tanabata (festival bintang) di beberapa negara Asia termasuk Cina dan Jepang. Asal nama CALPIS, Cal singkatan Calsium dalam susu, Pis adalah Bahasa sanskerta “Salpis” yang berarti salah satu rasa tingkat tinggi.
Di Indonesia produk Calpis bernama calpico, Calpico berdiri pada tahun 1994 dan mulai produksi pada tahun 1995. Calpico ingin memberikan kontribusi yang mendalam kepada masyarakat Indonesia melalui produk dan teknologi dalam meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran.
Calpico adalah jenis  minuman susu fermentasi yang bahan dasarnya dibuat dari susu tanpa lemak dengan di proses menggunakan bakteri baik lactobacillus sp dan rasanya yang manis menyegarkan bermanfaat untuk kesehatan pencernaaan dan daya tahan tubuh.
Calpico memiliki range produk dan target konsumen di seluruh usia untuk menciptakan siklus penggunaan produk calpico yang terus menerus. Berikut adalah produk calpico yang ada,
1.     CALPICO MINI 63 ml, di targetkan untuk anak anak 5 – 10 tahun harganya sekitar Rp. 1000/botol ,
2.     CALPICO TEENZ 170ml, di targetkan untuk  umur 10 -15 Tahun dengan harga Rp. 2500/ botol
3.     CALPICO CONCENTRATE  350ml ditargetkan untuk 13-18 tahun  dengan harga Rp. 24.000/boltol
4.     CALPOCO FREEZE  63ml untuk umur 5-12 tahun dengan harga 1000/pcs
5.     CALPICO SODA 320 ml, ditargetkan untuk umur 15 – 40 tahun dengan harga Rp. 6000/botol
6.     CALPICO GURT 170ml, ditargetkan untuk umur 13-18 tahun dengan harga Rp. 3500/ botol

Ini adalah gudang milik CALPIS Indonesia

Di gudang ini menggunakan Palet Plastik karena merupakan minuman dan untuk perpindahannya menggunakan Forklift listrik untuk menjaga ruangan tetap steril. Dalam 1 pallet dapat terisi 16 Layer dan terdapat 166 Karton untuk minuman Calpis teen, Untuk pergerakan barang menggunakan sistem FIFO (First In First Out) karena minuman ini diproduksi dalam 1 Batch maka dari itu menggunakan sistem FIFO, lalu untuk loding kedalam alat transportasi seperti Container 20" atau 40" menggunakan tenaga manual.

hingga saat ini PT CALPIS Indonesia terus melakukan inovasi baru agar tetap maju ke depan. Sekian dulu dari kami mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan ya….

Postingan populer dari blog ini

ALASAN MEMILIH ITL TRISAKTI DAN JURUSAN LOGISTIK

Logistics Performance Index Indonesia