KUNJUNGAN ILMIAH PT CALPIS INDONESIA
hayy.. pada tanggal
6 November 2018 kemarin kami baru saja melakukan kunjungan Ilmiah ke PT CALPIS
Indonesia dengan tema kunjungan yaitu KUIL (Kerja Keras Untuk Ilmu Logistik), dan kami banyak belajar di CALPIS Indonesia tentang cara produksinya, sejarah calpis dan lain lain.
berikut ini Kami
akan membahas sedikit tentang PT. CALPIS Indonesia...
Pada tahun 1904, Kaiun Mishima, menemukan susu fermentasi yang orag oramg minum sehari
hari di Mongolia. "Saya ingin membuat minuman yang dapat berkontribusi pada kehidupan
orang-orang," kata Kaiun, yang mengabdikan dirinya untuk mempelajari lactobacilli.
Hasilnya adalah CALPIS, minuman asam laktat pertama di Jepang.
Calpis
meluncur pada tanggal 7 Juli 1919, pada hari tanabata (festival bintang) di
beberapa negara Asia termasuk Cina dan Jepang. Asal nama CALPIS, Cal singkatan
Calsium dalam susu, Pis adalah Bahasa sanskerta “Salpis” yang berarti salah
satu rasa tingkat tinggi.
Di
Indonesia produk Calpis bernama calpico, Calpico berdiri pada tahun 1994 dan
mulai produksi pada tahun 1995. Calpico ingin memberikan kontribusi yang
mendalam kepada masyarakat Indonesia melalui produk dan teknologi dalam
meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran.
Calpico
adalah jenis minuman susu fermentasi
yang bahan dasarnya dibuat dari susu tanpa lemak dengan di proses menggunakan
bakteri baik lactobacillus sp dan rasanya yang manis menyegarkan bermanfaat
untuk kesehatan pencernaaan dan daya tahan tubuh.
Calpico
memiliki range produk dan target konsumen di seluruh usia untuk menciptakan
siklus penggunaan produk calpico yang terus menerus. Berikut adalah produk
calpico yang ada,
1.
CALPICO MINI
63 ml, di targetkan untuk anak anak 5 – 10 tahun harganya sekitar Rp.
1000/botol ,
2.
CALPICO TEENZ 170ml,
di targetkan untuk umur 10 -15 Tahun
dengan harga Rp. 2500/ botol
3.
CALPICO CONCENTRATE 350ml ditargetkan untuk 13-18 tahun dengan harga Rp. 24.000/boltol
4.
CALPOCO FREEZE 63ml untuk umur 5-12 tahun dengan harga 1000/pcs
5.
CALPICO SODA 320
ml, ditargetkan untuk umur 15 – 40 tahun dengan harga Rp. 6000/botol
6.
CALPICO GURT 170ml,
ditargetkan untuk umur 13-18 tahun dengan harga Rp. 3500/ botol
Di gudang ini menggunakan Palet Plastik karena
merupakan minuman dan untuk perpindahannya menggunakan Forklift listrik untuk
menjaga ruangan tetap steril. Dalam 1 pallet
dapat terisi 16 Layer dan terdapat 166 Karton untuk minuman Calpis teen, Untuk
pergerakan barang menggunakan sistem FIFO (First In First Out) karena minuman
ini diproduksi dalam 1 Batch maka dari itu menggunakan sistem FIFO, lalu untuk
loding kedalam alat transportasi seperti Container 20" atau 40"
menggunakan tenaga manual.
hingga saat ini PT CALPIS Indonesia terus melakukan inovasi baru agar tetap maju ke depan. Sekian dulu dari kami mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan ya….